Rabu, 28 Januari 2015

Animasi Pada Blender

Tugas Softskill 4

Nama: Wahyu Kirnawan
Kelas:3IA25
Npm:57412637

Pada kesempatan saya akan membuat animasi pada software blender dengan object utama kendaraan bus.Jadi disini saya akan membuat animasi pada bus itu sendiri seolah-olah hancur berkeping-keping.Untuk lebih jelasnya ini dia cara pembuatannya:

1.

Untuk langkah pertama kita buka aplikasi blendernya,setelah kita buka muncul tampilan seperti diatas.
 
2.


Setelah itu kita akan mendapatkan bentuk awal kubus ketika ingin membuat suatu object.Untuk pembuatan awal kita akan membuat mobil.Langkah pertama kita pilih ke object mode.

3.

Setelah masuk ke edit mode,kubusnya kita subdivide.Caranya ketika kita sudah masuk ke edit mode selanjutnya kita bar sebelah kiri.Disitu ada menu yang namanya subdivide,kita atur angka pada number of cuts subdividenya menjadi 6 dan akan mendapatkan hasil seperti diatas.


4.




Untuk langkah selanjutnya kita akan memblok sebagian kubusnya,disini saya akan memblok 14 blok dari bawah dengan menggunakan SHIFT+RIGHT Mouse.Jika sudah hasilnya akan seperti diatas.

5.


Setelah kita blok tadi pada beberapa bagian kubus,kita tarik ke belakang untuk mendapatkan gambar pada bagian belakang mobil.Untuk menarik kebelakang gunakan tombol E pada keyboard.Setelah itu kita tarik ke belakang,sesuaikan dengan kebutuhan.Jika sudah hasilnya seperti gambar diatas.

6.

Untuk  langkah selanjutnya kita membuat bagian depan mobil tersebut.Untuk langkah pertama kita seleksi blok menggunakan Shift+Right Mouse.Atur seleksinya sehingga sesuai pada gambar diatas.

7.

Langkah selanjutnya kita akan menarik blok yang tadi kita sudah seleksi pada nomor 6 tadi,yaitu dengan menggunakan tombol E pada keyboard.Kita tarik menggunakan E sesuai dengan kebutuhan untuk bagian depan mobil.Jika sudah hasilnya seperti diatas.

8.

Setelah kita mendapatkan bagian depan yang barusan kita tarik,kita blok untuk bagian bannya dengan cara seleksi 1 blok saja tapi samakan dengan posisi sebelahnya.Untuk yang kita seleksi ikutin tanda panah diatas,kita akan blok menggunakan Shift+Right mouse. Blok juga bagian sebelah kanan.
 9.

Jika kita sudah blok tadi,kita tarik menggunakan tombol E pada keyboard.Sesuaikan posisinya dengan bagian depan mobil tadi dan hasilnya akan seperti diatas.

10.

langkah berikutnya kita akan membuat bagian atas mobil.Untuk langkah pertama kita seleksi bloknya menjadi 6 buah saja menggunakan Shift+Right Mouse.Jika sudah hasilnya seperti diatas.

11.

Jika sudah kita seleksi kita akan tarik seleksi blok tadi dengan cara menggunakan tombol E pada keyboard.Jika sudah tarik akan mendapatkan hasil seperti diatas ini .Setelah itu kita tarik kebelakang tanda panah hijaunya menggunakan cara klik kiri pada mouse dan kita tarik ke belakang. Setelah itu hasilnya seperti dibawah ini

12.

Untuk langkah selanjutnya kita akan memberikan warna pada object mobil ini,yaitu dengan cara blok mobil tersebut menggunakan A pada keyboard.Lalu kita ke material pada bar sebelah kanan layar lalu kita pilih add new material slot.Jika sudah kita ke difuse dan pilih warna sesuai keinginan.Disini saya akan memberikan warna kuning agak ketuaan.Setelah itu assign dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini

13.



untuk langkah selanjutnya kita akan membuat spion pada mobil tersebut dengan cara blok 1 saja,lalu kita tarik dengan menggunakan E pada keyboard.Setelah itu kita tarik panah hijau agar mendapatkan bentuk spion seperti dibawah ini.

14.
Selanjutnya kita akan membuat ban pada mobil tersebut.Pertama kita ke add pada menu yang ada di bawah lalu kita kecilkan menggunakan tombol S pada keyboard.Sesuaikan ukuran bannya sesuai yang anda inginkan.Setelah itu kita rotate pada menu transformation manipulation sehingga mendapatkan posisi ban seperti ini 

15.

Setelah itu kita pasang bannya pada mobil tersebut sesuai posisi  yang anda inginkan.Lalu untuk membuat ban seberikutnya seperti kiri dan belakang anda tinggal tekan Shift+D untuk menduplicate ban tersebut. Begitupun denga bagian ban belakang mobil,lalu jika sudah hasilnnya akan seperti dibawah ini

16.

Untuk langkah selanjutnya kita akan memberi warna pada ban tersebut yaitu dengan cara,blok terlebih dahulu bannya menggunakan B. Setelah itu kita ke material lalu add new material dan ke diffuse.Pilih warna sesuai yang anda inginkan.Disini saya menggunakan warna hitam untuk ban mobil ini.Jika sudah pilih assign.lakukan hal yang sama pada ban belakang atau samping mobil.

17.

Disini saya akan membuat efek transparan pada kaca depan mobil,yaitu dengan cara seleksi kaca yang ingin di transparan lalu kita add new material lalu ceklist transparan.Atur nilai besar kecilnya efek transparan yang kalian inginkan.Jika sudah kita klik assign dan efek transparan sudah jadi.



18.

Disini saya juga akan membuat efek transparan pada pintu depan mobil,yaitu dengan cara seleksi pintu yang ingin di transparan lalu kita add new material lalu ceklist transparan.Atur nilai besar kecilnya efek transparan yang kalian inginkan.Jika sudah kita klik assign dan efek transparan sudah jadi.

19.

Selanjutnya kita akan buat muatan truk tersebut dengan menggunakan kubus.Untuk langkah pertama kita add cube lalu kita sesuaikan dengan posisi di atas.untuk mengecilkan gunakan S pada keyboard dan untuk menarik kebelakang tinggal tarik panah hijaunya.Buat ukuran sesuai dengan diatas. Jika sudah hasilnya pun akan seperti diatas. Jika sudah kita warnain muatan tersebut dengan warna hitam dengan pilih add new material lalu ke diffuse dan pilih warna hitam.


20.

Hasil akhir dari pembuatan mobil sederhana,selanjutnya kita akan membuat animasi pada mobil tersebut sehingga dapat bergerak.

21.

Untuk langkah pertama kita rubah ke object mode lalu kita tekan I lalu pilih location. jika sudah kita gerakin kemana mobil tersebut dengan mainkan panah hijau tersebut.Jika sudah klik mau ke detik berapa mobil tersebut bergerak dengan mainkan di frame yang ada di bawah layar tersebut atau yang ditunjukan pada tanda panah tersebut. Jika sudah proses animasi pun sudah selesai.Selanjutnya kita akan membuat animasi ledakan pada mobil tersebut

22.


Kita ke menu particles dan atur emmiter geometry dengan yang aynda butuhkan.Disini kita mengatur dengan:
Normal:1.000
Tangent:40.000
Setelah itu kita mainkan framenya yang ada di bawah bar pada blender tersebut.




Sekian tutorial membuat animasi pada blender,untuk hasilnya bisa anda tonton di link youtube berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=CDweNH12q8E

 



0 komentar:

Posting Komentar