TUGAS SOFTSKILL 2
Nama : Wahyu Kirnawan
NPM : 57412637
Kelas : 3IA25
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
PEMODELAN GRAFIK
Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 kata yaitu desain, pemodelan, dan grafik.
• Desain
Desain atau yang sering disebut sebagai seni terapan, atau arsitektur.
Desain memiliki arti yaitu proses membuat dan menciptakan obyek baru
dalam bentuk sebuah rencana atau obyek nyata. Pengertian desain secara
umum yaitu suatu pemikiran baru yang fundamental seni dengan tidak hanya
menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar
industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain
tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam
bidang teknologi, rekayasa, dll.
• Pemodelan
Pemodelan diambil dari kata model yang artinya rencana, representasi,
atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang
seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan,
citra komputer), atau rumusan matematis. Dalam hal ini model dirujukkan
pada representasi objek seperti : model benda (representasi fisik suatu
objek), model berskala (replika atau purwarupa suatu objek), model 3D
(representasi tiga dimensi suatu objek), model manusia (representasi
dari manusia yang dapat ditiru oleh manusia lainnya).
• Grafik
Grafik berasal dari kata grafika yang artinya segala cara pengungkapan
dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak
melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya
adalah : foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual
yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan
fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk
kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Desain grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur, garis, ruang, warna
yang membentuk prinsip-prinsip desain visual. Dimana prinsip-prinsip
tersebut meliputi keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan yang
membentuk aspek-aspek structural komposisi yang lebih luas.
Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang
membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan
berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak
merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk
pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.
Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
• Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
• Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
• Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
• Kerangka Grafik Komputer.
• Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
• Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
• Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Keberadaan desain
pemodelan grafis sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi yang
berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak sekali ide
yang dihasilkan untuk desain grafis berasal dari budaya yang ada di
lingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya Indonesia digunakan sebagai
desain grafis, contohnya adalah kerajinan kain daerah seperti batik dan
tenun, keramik, gerabah, dan masih banyak lainnya.
Kerajinan
tradisional daerah merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang
yang sangat indah untuk dijadikan sumber pemikiran kreatif dalam
melakukan pembuatan desain grafis. Dengan semakin berkembangnya
teknologi, maka semakin mudah bagi generasi muda saat ini untuk
menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan, sehingga akan lebih efisien dalam
waktu dan segalanya.
Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem
manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari
sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti
perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan.
Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka
perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman
perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol
motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap
pengguna manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur
kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin
ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan
pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari
berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’,
suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian
formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas
dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori
komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip
Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu
bahasa, ilmu komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi
manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang
ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan
pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim
dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
Manfaat Desain Pemodelan Grafis
Budaya
Terdapat pengaruh kebudayaan dan teknologi pada berkembangnya suatu desain pemodelan grafis.
Budaya akan digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis.
Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,sebaagai contohnya adalah kerajinan kain daerah.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan nenek moyang kita yang sangat indah untuk di jadikan sebagai sumber pikiran dalam membuat desain grafis, contohnya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi juga memiliki andil yang cukup besar untuk perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya teknologi maka semakin mudah kita untuk menciptakan karya desain grafis
dengan waktu yang singkat kita dapat menghasilkan banyak desin grafis sehingga lebih efisien.
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Bidang Perancangan
Budaya akan digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis.
Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,sebaagai contohnya adalah kerajinan kain daerah.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan nenek moyang kita yang sangat indah untuk di jadikan sebagai sumber pikiran dalam membuat desain grafis, contohnya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi juga memiliki andil yang cukup besar untuk perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya teknologi maka semakin mudah kita untuk menciptakan karya desain grafis
dengan waktu yang singkat kita dapat menghasilkan banyak desin grafis sehingga lebih efisien.
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
Bidang Budaya
Desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut. Seperti yang
kita tau bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai
macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain
grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada
candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu
yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan
orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar
pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan
batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik.
Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman
sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan,
relif, dan banyak gambar lainnya lagi.
Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar