1. Web dan Perilaku pengguna
A.
Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang
baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat
situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs
tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta
penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian
atas, samping atau footer. Yang
kedua adalah navigasi versi advance.
Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan
cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi
semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang
lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu,
lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai
pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah
dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini
lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang
menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)
B. Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan
tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola
pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam
rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
A. Web merefleksikan perilaku sosial
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan
adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut
dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya
akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering
mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena
tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang
ada.
B. Web mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat
populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku
sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan
dampak negatif, dampak postifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal
ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat
dilakukan
dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak
dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer
itu sendiri
2. Struktur Web
•ink Structure, small world
Sebuah jaringan kecil dunia adalah jenis grafik matematika di mana
sebagian besar node tidak tetangga satu sama lain, tetapi kebanyakan node dapat
dicapai dari setiap lain oleh sejumlah kecil hop atau langkah-langkah. Secara
khusus, jaringan-dunia kecil didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak
khas antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan)
tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan.
Dalam konteks jaringan sosial, hasil ini dalam fenomena dunia kecil dari
orang asing yang dihubungkan oleh saling kenalan. Banyak grafik empiris dengan
baik dimodelkan oleh jaringan kecil dunia. Jaringan sosial , konektivitas dari
internet , wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik jaringan-dunia
kecil pameran.
1. Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
· Dapat
mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
· Pengguna
situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
· Mudah
untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu
halaman situs jika diperlukan.
· Dapat
menurunkan biaya cost pengunjung situs.
Struktur Situs Web :
· Struktur
Linear
· Struktur
Grid
· Struktur
Hierarki
Struktur Linear :
· Struktur
linear murni
· Struktur
linear dengan halaman tambahan
· Struktur
linear dengan halaman pilihan
· Struktur
linear dengan halaman alternatif
2. Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari
banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda)
, tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya.
Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak
antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan)
tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam
jaringan.Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok
untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara
berinteraksi.
• Social
network sites
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial
sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan,
sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak
jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah
menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan,
mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam
menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat
keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya. Dalam bentuk yang
paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang
relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk
menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam
diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai
garis penghubungnya.
• Blogosphere
Blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam
sebuah domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,
Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan
blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis
postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yg berisi tips dan trick dll.
Parameter Pengukuran Web:
Salah
satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman
seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan
halaman-halaman web yang berada di internet (Keynote System, Inc 2010).
Kinerja
suatu web atau web performance sangat dipengaruhi oleh beberapa
komponen-komponen dasar yang dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu (1)
dilihat dari gambaran transaksi web atau perspective transaction dan (2)
gambaran komponen aplikasi atau application component perspective (Keynote
System, Inc 2010). Transaksi web atau web transaction lebih menitikberatkan
pada sisi pengalaman pengguna atau user experience sedangkan komponen aplikasi
lebih menitikberatkan pada komponen jaringan komputer atau computer network.
Pengalaman Pengguna (User experience),
diantaranya adalah (Keynote System, Inc 2010) :
·
Time
to opening page (time_to_opening_page), maksudnya adalah mengukur, dari sisi
pengguna, waktu yang dibutuhkan pada saat pertama kali membuka halaman web.
Waktu dimulai dari aksi pertama setelah internet agent memutuskan untuk
berpindah ke halaman berikutnya. Waktu berakhir ketika pesan opening page
ditampilkan di Web browser status bar.
·
Page
download (page_download_time), maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan antara
ketika Web browser membuat sinyal opening page dan ketika Web browser akan
menampilkan pesan done di status bar.
Komponen Jaringan
Komponen
jaringan (network component) adalah salah satu hal yang mempengaruhi kinerja
web. Beberapa komponen jaringan tersebut diantaranya adalah (Keynote System,
Inc 2010):
·
DNS
lookup (DNS_time), komponen ini berfungsi untuk menghitung waktu yang
dibutuhkan untuk menterjemahkan host name (contoh, www.keynote.com) menjadi IP
address (contoh, 206.79.179.108).
·
Initial
connection (initial_connection), komponen ini mengukur waktu pulang pergi atau
round-trip time (ukuran waktu yang dibutuhkan jaringan untuk melakukan
perjalanan dari host sumber menuju host tujuan dan kembali lagi ke host sumber)
koneksi jaringan antara browser dan server.
·
Request
time (request_time), adalah jumlah waktu yang dibutuhkan oleh web browser untuk
mengirim permintaan (request) ke internet.
·
Client
time (client_time), adalah jumlah waktu untuk mengunduh elemen halaman web
selama data dihantarkan.
·
Total
measurement time (measurement_network), adalah jumlah waktu untuk mengunduh
halaman web dilihat dari sudut pandang jaringan.
CRAWLER
Crawler
adalah robot milik search engine yg tugasnya mengumpulkan informasi pada
halaman blog/web dan semua media internet yg bisa diindeks oleh search engine.
Cara Kerja Crawler :
Pertama
robot mengumpulkan informasi pada halaman blog/web dan semua media internet yg
bisa diindeks oleh search engine. Robot tersebut kemudian membawa informasi yg
didapatnya ke data center. Di data center, data tersebut kemudian di oleh
sedemikian rupa, apabila memenuhi persyaratan, maka dia akan dimasukkan ke
dalam indeks. Nah, proses yg dilakukan oleh user search engine adalah memanggil
indeks-indeks tersebut, apabila indeks2 memiliki kesesuaian dengan yg dicari
user (dan bila memiliki peringkat yg baik), di akan ditampilkan di halaman
utama search engine (berperingkat).
Cara Agar Website/Blog masuk dalamCrawler :
·
Pertama
: Membuat sitemap dan atau daftar isi
Sitemap (peta
situs) blog berfungsi membantu search engine bot menjelajahi, menemukan dan
mengindeks konten blog kita. Jika blog anda berplatform wordpress.org, cara
paling mudah membuat sitemap adalah dengan memasang plugin bernama Google XML
sitemaps. Sitemap sebenarnya hampir sama dengan halaman daftar isi yang sering
kita buat di blog, hanya sitemap berisi kode-kode HTML yang dibaca oleh bot
sedangkan daftar isi untuk dibaca oleh manusia. Jika anda ingin sitemap yang
juga berfungsi sebagai daftar isi, gunakan plugin bernama Dagon Sitemap
Generator. Beberapa themes seperti GoBlog Themes sudah menyediakan sitemap
secara default seperti ini: Sitemap.
·
Kedua
: Mendaftarkan sitemap di Google Webmaster Tools
Sitemap blog
anda perlu didaftarkan di Google Webmaster Tools. Google webmaster sendiri
penting diikuti oleh semua pemilik blog agar anda dapat menganalisa semua data
yang berkenaan dengan blog anda. Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui
konten mana di blog yang belum terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di
Google Webmaster Tools,
SEARCH ENGINE
Berikut uraian singkat mengenai mesin pencari yang cukup
populer, seperti Yahoo!, Alltheweb, MSN, AskJeeves, Google, AltaVista, dan
Lycos.
Yahoo!
(http://www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin
pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian,
tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa
Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari
databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga
menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika
Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
Alltheweb
(http://www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web,
FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan
mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih
ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa
pencarian file.
MSN
(http://search.msn.com)
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata
kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah
pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN
sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada
pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white
pages, pencarian pekerjaan, rumah.
AskJeeves
(http://www.ask.com)
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami
bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci.
Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did
world war II end?).
Google:
(http://www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian
?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti
Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan
audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari
algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang
diindeksnya.
1. Tools-tools pengukur analisis
web :
a.
SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan
memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman
pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang
datang dari search engine.
b. GTmetrix
merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat
blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis
dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa
dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.
Kelebihan
dari GTmetrix :
1. dapat
membandingkan beberapa URL secara bersamaan.
2. dapt
menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan laporan.
kekurangan dari GTmetrix :
dalam penggunaan
GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
c. Keynote
Internet Testing Environment (KITE)
alat pengujian dan pengukur
berbasis desktop yang digunakan untuk merekam atau mengedittransaksi web dan
menganalis kinerja dari aplikasi web. KITE sangat mudah untuk digunakan dan
sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal didunia.
d. CloudStatus
CloudStatus adalah alat pengukur web yang berfungsi
menelusuri kinerja utama
dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri
dari 5 layanan dasar yang
ditawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan
monitoring yang lebih baik.
e. Jiffy
jiffy tersedia secara bebas(open source).
Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke
dalam halamanhalaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat
mengukur page rendering
times, melaporkan hasil pengukuran dari web server,
aggregate log into database, dan
membuat laporan-laporan.
Pembasan berikutnya tentang bagaimana sebuah web perlu dianalisis , yaitu :
1. membantu mengetahui nilai yang
akan didapat dari suatu web maupun blog
2. membantu memantau beberapa
lama pengunjung yang membuka situs web tersebut
3. membantu mengoptimalkan situs
web dalam hal penampilan dan menambah informasi.
CRAWLER
DEFINISI :
proses pengambilan sejumlah besar halaman web dengan
cepat kedalam satu tempat penyimpanan lokal dan mengindexnya berdasarkan
sejumlah kata kunci. yakni sebuah komponen utama dalam sebuah Search Engine
(Mesin Pencari), sebagai Aplikasi Information Retrieval Modern
CARA KERJA :
suatu data dikumpulkan oleh web
crawler kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan link situs yang
relavan bagi pengguna ketika mereka melakukan pencarian. web crawler menangkap
banyak hal yang berbeda ketika mereka memindai situs. Informasi diperoleh dari
metatag, konten itu sendiri dan link. untuk mendapatkan ide yang baik dari apa
situs adalah tentang. Crawler digunakan sebagai scan situs anda. jika ada bagian-bagian
tertentu dari situs yang seharusnya tidak diindeks, mereka harus mencatat dalam
file ini. setelah mendapat instruksi crawler dari file ini, akan mulai dengan
merangkak halaman situs anda.
Ini kemudian akan melanjutkan ke indeks konten, dan kemudian
akhirnya akan mengunjungi link di situs Anda. Jika crawler mengikuti link dan
tidak menemukan halaman, maka akan dihapus dari indeks. Informasi yang
dikumpulkan dari situs Anda kemudian disimpan dalam database, yang kemudian
digunakan oleh mesin pencari.
BEBERAPA CONTOH WEB CRAWLER :
1.Teleport
Pro
Salah satu
software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini
sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan
secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan
di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
Ditulis
dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software
yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada
harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software
ini free dan dapat di download pada website resminya
di http://www.httrack.com
3.Googlebot
Merupakan web
crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search
engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa
jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian
bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.
4.Yahoo!Slurp
Kalau
Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo
mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan
oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
Sedikit
berbeda dengan web crawler lainnya di atas, YaCy dibangun atas
prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java,
dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers).
Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk
berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central. Contoh search engine
yang menggunakan YaCy ialah Sciencenet, untuk pencarian dokumen di bidang sains.
SEARCH ENGINE
DEFINISI :
adalah program komputer yang
dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam
layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun
sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan
perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian
umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut
tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai
hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam
berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis
berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan
informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari
dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan
basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search
dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan
OpenFTS
CONTOH-CONTOH SE :
1. GOOGLE
google muncul pada akhir tahun
1997, dimana google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain
dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista , HotBot,
Excite, InfoSeek dan Lycos. dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim
sebagain perusahaan tabg bergerak dalam bidang layanan pencarian internert.
Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup
diperhitungkan didunia.
2. Yahoo
Yahoo raja directori di internet
disamping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSma berusaha menurunkan
nya diposisi puncak tersebut. akhir-akhir ini telah tumbuh secara cepat dalam
ukurannya mereka pun sudah memliki harga sehingga mudah untuk memasukinya,
dengan demikian mendapatkan sebuah daftar pada direktori yahoo memang memiliki
nilai yang tinggi.
PERBEDAAN SEARCH ENGINE
1. Yahoo! dan bing : On page
keyword merupakan faktor yang paling penting .
2. Google : linklah yang
merupakan faktor yang sangat penting. halaman website google seperti wine
semakin tua umurnya semakin bagus peringkatnya. Google akan secara otomatis
melakukan pencarian dengan logika boolean dengan menggunakan batasan-batasan
AND, NOT, PHRASE, dan OR. google tidak mendukung pemotongan, penambahan dan
tidak membedakan bentuk huruf besar atau kecil. kelebihan google menggunakan
relavansi dan linking, yaity jumlah tertentu halaman-halaman sejenis yang
berhubungan dengan halamab yang dicari. Google juga menyediakan file-file
berekstensi PDF yang jarang dihasilkan oleh alat-alat pencari lainnya.
3. Yahoo : untuk yahoo tidak
mementingkan layaknya seperti google. yahoo tidak menggunakan robot dalam
membuat direktori informasi, web ini bergantung pada jumlah website yang
didaftakan di direktori mereka. Sekalipun demikian yahoo sangat selektif dalam
menerima situs-situs yang didaftarkan. karena yahoo tidak mempunyai jangkauan
yang luas, maka web ini menyediakan mesin pencari milik google sebagai
pelengkap.
4. google dan Altavista :
1. Loading altavista
lebih lama daripada google.
2. Tampilan
altavista kurang menarik
3. Altavista lebih
sulit dalam pengambilan data dibanding google.
5. Alltheweb : metode pencarian
dalam web ini menggunakan logika boolean. kita dapat membatasi pencarian hanya pada judul, teks, nama link, URL,
link, bahasa, dan domain. Ranking pencarian didasarkan pada relavansi, analisa
link, penempatan teks pada halaman tertentu, danpenggunaan kata kunci.
WEB ARCHIVING
DEFINISI :
adalah proses mengumpulkan bagian
dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya
situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa
datang. Besarnya ukuran Web membuat arsiparis web umumnya menggunakan web
crawlers untuk pengumpulan secara otomatis. Organisasi pengarsip web terbesar
yang menggunakan ancangan perangkak web ini adalah Internet Archive yang
berupaya memelihara arsip dari seluruh Web. Perpustakaan nasional, arsip
nasional, dan berbagai konsorsium organisasi lain juga terlibat dalam upaya
pengarsipan konten Web yang memiliki nilai penting bagi mereka. Perangkat lunak
dan layanan komersial juga tersedia bagi organisasi yang ingin mengarsipkan
konten web mereka sendiri untuk berbagai keperluan.
CARA KERJA WEB ARCHIVING
A. Remote Harvesting
Merupakan cara yang plaing umum
dalam web archiving dengan menggunkana teknik web crawlers yang secara otomatis
melakukan proses pengumpulan halaman web. Metode yang digunakan web crawler
untuk mengakses halaman web sama
semeprti user mengakses halaman web menggunakan wob browser. Contoh web crawler yang digunakan dalam web
archiving seperti :
·
Heritrix
·
HTTrack
·
Wget
B. On-Demand
Ada banyak layanan yang dapat digunakan sebagai
sumber archive web "on-demand", menggunakan teknik web crawling.
Contohnya seperti
·
Aleph Archives
·
archive.is
·
Archive-It
·
Archivethe.net
·
Compliance WatchDog by SiteQuest Technologies
·
freezePAGE snapshots
·
Hanzo Archives
·
Iterasi
·
Nextpoint
·
Patrina
·
PageFreezer
·
Reed Archives
·
Smarsh Web Archiving
·
The Web Archiving Service
·
webEchoFS
·
WebCite
·
Website-Archive.com
C. Database archiving
Databasa Archiving mengacu pada
metode untuk menarsipkan konten database-driven websites. Hal ini biasanya memerlukan ekstraksi konten
database ke standard schema, sering menggunakan XML. Setelah disimpan dalam
format standar, konten yang diarsipkan dari beberapa databse dapat tersedia
untuk diakses dengan menggunakan single access system. Motode ini digunkanan
seprti pada DeepArc dan Xinq masiing
masing dikembangkan oleh Bibliothèque nationale de France dan National Library of Australia.
D. Transactional archiving
Transactional archiving merupakan
event-driven yang mengumpulkan
transaksi yang berlangsung antara
web server dan web browser. Hal ini
terutama digunakan untuk menjamin keaslian dari isi suatu website, pada tanggal
tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk organisasi atau perusahaan yang perlu
mematuhi persyaratan hukum atau peraturan untuk mengungkapkan dan mempertahankan
informasi.
Sistem yang digunakan pada
transactional archiving biasanya beroperasi dengan memeriksa setiap permintaan HTTP dan respon dari web
server, menyaring setiap aktifitas untuk menghilangkan konten yang duklikat dan
secara permanen disimpan sebagai bitstreams. Sebuah sistem transactional
archiving membutuhkan instalasi perangkat lunak pada web server, dan karena hal
itu maka metode ini tidka dapat mengumpulkan konten dari remote website.
4.Ekonomi Web
·
Iklan, termasuk lintas laman iklan
Periklanan adalah sumber informasi bagi para konsumen dan sumber kekuatan
pasar bagi para pengiklan.Periklanan telah dituduh merugikan masyarakat karena
sepertinya ia lebih dari sekedar menjual produk-produk baru ia juga dapat
membentuk kecenderungan dan sikap social secara kuat.Denagn intenet sebuah
perusahaan dapat menyajikan kombinasi iklan ,informasi,dan hiburan yang
berhubungan dengan produk mereka kepada konsumen.Para konsumen mampu
mengendalikan penampakan produk pada mereka dan akhirnya memtutuskan apakah
mereka ingin lebih mengetahuinya atau bahkan memesannya.Dengan mengetatnya
anggaran periklanan pada tahun 1990-an keandalan menjadi lebih penting daripada
sebelumnya.Para pengiklan internet mampu mencatat jumlah orang yang benar-benar
melihat iklan mereka dan dari awal mengetahui berapa banyak biaya yang dibebani
mereka setiap kunjungan situs Web.
Karakteristik Lingkungan Periklanan
• kekuatan lingkungan selalu berubah
• perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian,
ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
• tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2
lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan
resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg
menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif
Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi
1. Iklan sebagai
transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi
masyarakat.
• Iklan sebagai kegiatan jual beli
(untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen
iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang
bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah
satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri
kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri
periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
• Data AC Nielsen: belanja iklan
2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja
iklan 1997). Fantastis! Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama
nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan
industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
• Periklanan mendatangkan pajak
besar bagi daerah.
2. Dampak (Cakram,
Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan
promosi .
· pesan yang
ditimbulkan.
· Meningkatkan
pemasaran produk.
·
Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online.
Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon
pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan
internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung
dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
- Kehadiran
e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah
kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun
konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara
online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu
bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki
kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama
atau ingin mengakses pasar mancanegara.
- seseorang
lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan
jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online.
Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet
pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan.
Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
- Kemajuan
teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik
dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi
dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin
meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak
perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda
telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang
memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan
pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi.
•
Auctioning dalam pencarian dan online auctions
Online Auction adalah mekanisme pasar online dimana penjual menawarkan
produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif
hingga harga terakhir dicapai. Di Online Auction ini, mereka menggunakan
teknologi informasi yang tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.
Contoh:
amazone adalah ajang pasar online dunia. Di amazone, kita dapat melakukan
transaksi online sebagai penjual atau pembeli.
Didalam
Online Auction, menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah
berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. Ada 4
kategori utama dynamic pricing, yaitu:
1. Satu
pembeli, satu penjual
2. Satu
penjual, banyak pembeli potensial
3. Satu
pembeli, banyak penjual potensial
4. Banyak
penjual, banyak pembeli
Manfaat dari online auction dibagi menjadi 3 bagian,
yaitu:
1. Manfaat bagi
penjual
•
Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu.
•
Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar.
•
Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan.
2. Manfaat
bagi pembeli
•
Kesempatan untuk menemukan barang unik.
•
Hiburan bagi pembeli
•
Pembeli bisa menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular.
3. Manfaat bagi
auctioner
•
Pembelian yang lebih tinggi.
•
Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
•
Ekspansi bisnis lelang.
Kekurangannya :
· Kemungkinan adanya kecurangan,
· Serta terbatasnya partisipan.
0 komentar:
Posting Komentar